Cara Mencadangkan dan Memulihkan Profil Jaringan Nirkabel Menggunakan Command Prompt di Windows

Apakah Anda mendapatkan PC baru, atau Anda ingin melakukan pembersihan baru pada PC Anda saat ini? Cadangkan profil jaringan Anda dengan langkah-langkah ini.

Menghubungkan kembali ke jaringan nirkabel di komputer baru dapat dibuat lebih mudah dengan profil jaringan nirkabel. Setiap kali Anda terhubung ke jaringan nirkabel baru, Windows membuat profil yang berisi detail koneksi.

Untungnya, Anda dapat dengan mudah membuat cadangan profil ini, siap untuk dipulihkan di komputer baru Anda atau kapan pun Anda membutuhkannya. Berikut cara menggunakan alat Command Prompt dan perintah netsh untuk mencadangkan dan kemudian memulihkan profil jaringan nirkabel di PC Windows.

Apa itu Profil Jaringan Nirkabel?

Windows melacak setiap pengaturan yang Anda ubah, semua perangkat lunak yang Anda tambahkan, dan konfigurasi semua komponen PC Anda. Inilah sebabnya mengapa Anda, untungnya, tidak perlu mengatur komputer Anda dari awal setiap kali Anda boot.

Konfigurasi adaptor jaringan nirkabel Anda tidak berbeda. Windows menyimpan catatan koneksi baru apa pun ke jaringan nirkabel dalam profil, yang dapat diekspor sebagai file .XML

Setiap profil jaringan berisi nama jaringan (SSID) dan kunci jaringan (kata sandi) dari jaringan nirkabel yang Anda sambungkan, serta detail keamanan apa pun seperti jenis enkripsi yang digunakan. Anda dapat mempelajari tentang keamanan nirkabel dalam panduan Teknokarta untuk enkripsi Wi-Fi.

Cara Mencadangkan Profil Jaringan Anda Menggunakan Command Prompt

Ada beberapa utilitas jaringan yang tersedia untuk diunduh yang dapat digunakan untuk menyimpan dan memulihkan profil jaringan nirkabel. Banyak dari mereka hanyalah representasi grafis dari alat netsh Windows bawaan.

Selama Anda mengetahui perintah yang perlu Anda gunakan, Anda dapat mengakses netsh menggunakan alat Command Prompt. Tidak perlu menginstal perangkat lunak lain.

  1. Buka Pencarian Windows dan ketik cmd . Buka Command Prompt dari hasil pencarian.
  2. Untuk melihat profil nirkabel yang tersedia, ketik netsh wlan show profiles . Jika Anda sudah mengetahui nama profil yang ingin Anda simpan, Anda bisa melewati langkah ini.
  3. Untuk mengekspor semua profil yang tersedia, masukkan perintah berikut: netsh wlan export profile key=clear folder=[folder path] . Di mana Anda melihat [folder path], masukkan path ke folder di komputer tempat Anda ingin menyimpan profil, tanpa tanda kurung siku. Sebagai contoh, milik kita adalah C:\Users\pug19\Desktop.
  4. Profil kemudian akan disimpan ke folder yang disebutkan sebagai file .xml terpisah. Jika Anda hanya ingin menyimpan satu profil, Anda dapat menamainya di perintah. Misalnya: netsh wlan export profile [nama profil] key=clear folder=[folder path] .

Dimasukkannya argumen key=clear dalam perintah membuat kata sandi terlihat sebagai teks biasa dalam file .XML. Ini jelas tidak terlalu aman, tetapi berguna jika Anda lupa kata sandinya. Kata sandi akan dienkripsi jika Anda mengabaikan argumen ini.

Anda sekarang dapat menyalin profil ke drive yang dapat dilepas untuk mentransfernya ke komputer baru Anda bila diperlukan. Anda dapat mengganti nama file jika perlu. Perlu diketahui bahwa Anda perlu menggunakan nama file yang tepat dalam perintah untuk memulihkan profil.

Perintah netsh sangat berguna untuk mendiagnosis masalah jaringan. Anda dapat melihat penggunaan lain untuk netsh di panduan kami untuk memperbaiki masalah Wi-Fi Windows 11.

Cara Mencadangkan Profil untuk Antarmuka Jaringan Tertentu

Jika Anda memiliki beberapa antarmuka jaringan, seperti Ethernet dan Wi-Fi, mereka akan memiliki profil yang berbeda. Anda dapat menentukan profil antarmuka mana yang ingin Anda cadangkan dengan menambahkan argumen lain ke perintah.

  1. Untuk melihat antarmuka yang tersedia, ketik: netsh wlan show interfaces.
  2. Jika Anda memiliki lebih dari satu antarmuka, Anda dapat menambahkan nama ke perintah di atas. Misalnya, Anda dapat mengetik berikut ini: netsh wlan export profile interface=wifi key=clear folder=[folder path].

Cara Mengembalikan Profil yang Dicadangkan

Saat Anda siap untuk mengimpor profil ke komputer baru Anda, salin file .xml ke komputer baru. Biasanya lebih mudah untuk menyimpannya ke desktop daripada di dalam folder, karena ini menghasilkan jalur folder yang lebih pendek.

  1. Buka Command Prompt dan ketik perintah berikut: netsh wlan add profile user=current filename=[folder path\filename.xml] .
  2. Ganti [folderpath\filename.xml] dengan lokasi dan nama file .XML Anda.
  3. Anda dapat mengabaikan argumen pengguna=saat ini jika Anda ingin profil nirkabel diterapkan ke semua pengguna.
  4. Periksa apakah profil telah ditambahkan dengan membuka Pengaturan > Jaringan & Internet > WiFi > Kelola jaringan yang dikenal .
  5. Anda juga dapat menggunakan perintah netsh wlan show profiles yang digunakan sebelumnya untuk melihat apakah profil telah ditambahkan.

Jika Anda mencadangkan profil untuk antarmuka jaringan tertentu saat mengikuti langkah sebelumnya, detailnya akan dimuat di dalam profil. Anda tidak perlu memulihkan profil menggunakan argumen tambahan apa pun.

Cara Mencadangkan dan Memulihkan Profil Jaringan Dengan NetSetMan

Jika mengetik semua perintah tersebut ke Command Prompt terdengar terlalu rumit, Anda dapat menggunakan perangkat lunak sederhana yang disebut NetSetMan. Selain berguna untuk mentransfer profil nirkabel, aplikasi kecil ini dapat digunakan untuk mencadangkan alamat IP dan profil server DNS.

Setelah mengunduh aplikasi, Anda dapat menginstalnya atau menjalankannya sebagai aplikasi portabel. Jika Anda memilih untuk tidak menginstal aplikasi, Anda harus menjalankannya sebagai administrator.

  1. Klik tab Wi-Fi di sisi kiri lalu klik tombol Profil . Di bagian atas Anda akan melihat semua jaringan Wi-Fi dalam jangkauan, dan di bawahnya ada kotak yang berisi profil jaringan Anda.
  2. Pilih nama profil yang ingin Anda ekspor dan klik tombol Ekspor . Anda dapat memilih apakah kata sandi disimpan terenkripsi atau sebagai teks biasa menggunakan menu tarik-turun di samping tombol.
  3. Untuk mengimpor profil di komputer kedua, jalankan perangkat lunak dan buka Wi-Fi > Profil .
  4. Pilih Impor dan navigasikan ke dokumen profil .XML yang Anda ekspor pada langkah sebelumnya.

Mencadangkan Profil Jaringan Nirkabel, Menjadi Mudah

Mengetahui cara mencadangkan dan memulihkan profil jaringan nirkabel dapat membuat pengaturan komputer baru sedikit lebih cepat. Ini juga dapat berguna untuk menyimpan cadangan kata sandi jaringan Anda, selama Anda menyimpan file yang diekspor dengan aman dari pandangan.

Alat netsh sangat kuat dan berguna, dengan perintah yang tersedia untuk lebih dari sekadar membuat cadangan profil. Tentu saja perlu meluangkan waktu untuk menjelajah jika Anda mencoba untuk lebih memahami jaringan Windows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *